9 Buku horor yang sukses diadaptasi jadi film, salah satunya dari Indonesia

waroengmedia.com – Jika Anda penggemar film bergenre horor pasti sering penasaran dengan asal muasal film horor yang bikin merinding. Film horor terbaik ternyata banyak berasal dari buku yang berhasil memukau pembacanya dengan cerita-cerita seram sebelum diadaptasi ke layar lebar. Adaptasi ini tidak hanya meningkatkan popularitas bukunya, tetapi juga membuat kisah mengerikan itu semakin hidup.

Tidak semua adaptasi berhasil menangkap esensi buku aslinya, namun ada pula yang berhasil mendekati atau bahkan melampaui ekspektasi. Melalui perubahan media dari tekstual ke visual, penonton dapat merasakan intensitas ketakutan yang ditampilkan melalui efek khusus dan akting yang piawai. Mulai dari karya Stephen King hingga Bram Stoker, buku-buku tersebut berhasil memikat hati pembaca dan penontonnya hingga menjadikannya legenda di dunia horor.

waroengmedia.com Dari berbagai sumber, Kamis (17/10), yuk simak daftar 9 buku horor yang berhasil diadaptasi menjadi film, beserta sinopsis singkat dan bagaimana film tersebut berhasil menjadi nyata. teror yang ada dalam buku-buku ini!

Foto: goodreads.com 1. Yang Bersinar – Stephen King

Stephen King benar-benar raja dunia horor, dan salah satu karyanya yang paling terkenal adalah The Shining, yang diadaptasi menjadi film oleh Stanley Kubrick pada tahun 1980. Buku ini tentang Jack Torrance, seorang penulis yang menjadi penjaga musim dingin. di Hotel Abaikan.

Jack dan keluarganya mulai mengalami hal-hal aneh dan menakutkan ketika kekuatan supernatural hotel mempengaruhi kesehatan mental Jack. Adaptasi film tersebut mendapat pujian luas, meskipun King sendiri merasa bahwa film tersebut tidak sesuai dengan visi aslinya. 2. ITU – Stephen King

Kembali dari Stephen King, IT adalah kisah sekelompok anak-anak yang bertemu dengan entitas jahat berupa badut bernama Pennywise. Badut ini meneror kota kecil Derry setiap 27 tahun sekali. Novel ini diadaptasi menjadi film dua bagian pada tahun 2017 dan 2019 dan sukses besar di box office. Bill SkarsgĂ„rd yang berperan sebagai Pennywise berhasil menghadirkan unsur ketakutan pada film ini, yang mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali sebelum melihat sang badut lagi. 3. Pengusir setan – William Peter Blatty

Buku klasik William Peter Blatty, The Exorcist, adalah salah satu buku horor paling legendaris. Diterbitkan pada tahun 1971 dan diadaptasi menjadi film dua tahun kemudian, cerita ini mengikuti seorang gadis yang dirasuki roh jahat dan dua pendeta yang mencoba menyelamatkannya melalui ritual pengusiran setan.

Film ini terkenal dengan suasana mencekam dan adegan-adegan ikonik yang masih dikenang hingga saat ini. The Exorcist bahkan dinobatkan sebagai salah satu film horor terbaik sepanjang masa. 4. Drakula – Bram Stoker

Kisah vampir paling terkenal di dunia, Dracula karya Bram Stoker, pertama kali diterbitkan pada tahun 1897 dan telah berkali-kali diadaptasi ke layar lebar. Salah satu adaptasi terbaiknya adalah Dracula karya Bram Stoker yang dirilis pada tahun 1992 dan disutradarai oleh Francis Ford Coppola.

Ceritanya mengikuti Count Dracula, seorang vampir abadi yang mencoba memperluas pengaruhnya di Inggris sambil mencari cintanya yang hilang. Film ini mendapat pujian karena visualnya yang memukau dan penggambaran karakter Drakula yang kuat.

Foto: goodreads.com 5. Danur – Risa Saraswati

Dari Indonesia, Danur Rise Saraswati merupakan salah satu novel horor terpopuler. Buku ini berdasarkan kisah nyata penulisnya yang memiliki kemampuan melihat hantu sejak kecil.

Pada tahun 2017, Danur diadaptasi menjadi film tentang Risa yang memiliki teman hantu dan bagaimana mereka membantunya melawan entitas jahat. Film ini menjadi hit di pasar lokal dan memperkenalkan gaya horor Indonesia kepada khalayak yang lebih luas, dan kesuksesannya menghasilkan beberapa sekuel. 6. Rumah Bukit yang Berhantu – Shirley Jackson

The Haunting of Hill House adalah novel horor klasik karya Shirley Jackson yang diterbitkan pada tahun 1959. Ceritanya berkisah tentang sekelompok orang yang tinggal di rumah hantu dengan sejarah kelam.

Buku tersebut diadaptasi menjadi film pada tahun 1963 dan 1999, namun adaptasi yang paling sukses adalah serial Netflix yang dirilis pada tahun 2018. Seri ini memperdalam latar belakang para karakternya dan mengeksplorasi dengan sangat baik horor psikologis yang hadir dalam novel. 7. Carrie-Stephen King

Novel debut Stephen King, Carrie, diadaptasi menjadi film pada tahun 1976 dan dibuat ulang pada tahun 2013. Buku ini berkisah tentang Carrie White, seorang gadis remaja yang memiliki kekuatan telekinetik.

Setelah sekian lama di-bully oleh teman-temannya di sekolah dan ditekan oleh ibunya yang taat beragama, Carrie akhirnya meledak dalam kemarahan yang menimbulkan teror di pesta promnya. Film adaptasi ini sukses menggambarkan horor psikologis dan balas dendam yang mengerikan.

Foto: goodreads.com 8. Perang Dunia Z – Max Brooks

World War Z karya Max Brooks merupakan novel yang unik karena ditulis dalam bentuk laporan dan wawancara terhadap orang-orang yang selamat dari epidemi zombie global. Adaptasi yang keluar pada tahun 2013 mengambil pendekatan berbeda, lebih fokus pada aksi dengan bintang utamanya Brad Pitt. Meski banyak perubahan dari bukunya, film ini tetap berhasil menyampaikan ketegangan dan skala global dari epidemi zombie yang menghancurkan dunia. 9. Keheningan Anak Domba – Thomas Harris

Buku Thomas Harris Keheningan Anak Domba berkisah tentang agen muda FBI, Clarice Starling, yang meminta bantuan Hannibal Lecter, seorang psikopat dan kanibal, untuk menangkap pembunuh berantai lainnya. Film adaptasi yang dirilis pada tahun 1991 ini sukses besar dan memenangkan lima Oscar, termasuk Film Terbaik. Karakter Hannibal Lecter yang diperankan oleh Anthony Hopkins menjadi salah satu ikon thriller horor yang paling berkesan hingga saat ini.

Related Posts

Rayakan ulang tahun ke-36, Jessica Wongso ajukan PK kasus kopi sianida

Insiden kopi sianida yang menghebohkan masyarakat kembali terulang. Jessica Wangso yang terlibat pembunuhan Wayan Mirna Salihini pada 2016 kini resmi mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.…

Tak hanya Brian Armstrong, 3 pengusaha ternama ini juga pernah diisukan dekat dengan Raline Shah

waroengmedia.com – Nama Brian Armstrong sedang menjadi trending di media sosial Indonesia belakangan ini. Armstrong yang dikenal sebagai pendiri dan CEO Coinbase mendapat perhatian publik setelah ia diisukan menikah dengan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

9 Buku horor yang sukses diadaptasi jadi film, salah satunya dari Indonesia

9 Buku horor yang sukses diadaptasi jadi film, salah satunya dari Indonesia

[KUIS] Sama-sama jadi anak bungsu, kamu lebih mirip Kaluna “Home Sweet Loan” atau Awan “NKCTHI”?

[KUIS] Sama-sama jadi anak bungsu, kamu lebih mirip Kaluna “Home Sweet Loan” atau Awan “NKCTHI”?

5 Contoh teks laporan study tour yang baik dan benar, lengkap dengan definisi dan formatnya

5 Contoh teks laporan study tour yang baik dan benar, lengkap dengan definisi dan formatnya

Ada 27 hari libur nasional dan cuti bersama 2025, wajib dicatat

Ada 27 hari libur nasional dan cuti bersama 2025, wajib dicatat

Rayakan ulang tahun ke-36, Jessica Wongso ajukan PK kasus kopi sianida

Rayakan ulang tahun ke-36, Jessica Wongso ajukan PK kasus kopi sianida

Pria ini meramalkan masa depan manusia akan bergantung pada buku dan perpustakaan, begini alasannya

Pria ini meramalkan masa depan manusia akan bergantung pada buku dan perpustakaan, begini alasannya